Selasa, 20 Februari 2024

Cara Mengatasi Anak Yang Berkata Kata Kasar Tanpa Harus Menjadi Gila

Lagi viral anak seorang artis yang kabarnya jadi pelaku bully..

Mengamati kasus ini saya jadi teringat hal yang terjadi pada anak saya sendiri..

Suatu hari Lala berkata kata kasar, lalu kami terkejut..

'Lala dapet darimana itu ngomongnya? ujar saya..

'Dari yutub kan?' langsung saya tembak wkkkkk

Btw kami memilih kebijakan untuk tidak memberikan hape pada Lala. Karena kami tahu pasti bahwa hape pada umur segitu, mudharatnya jauh lebih PARAH dari manfaatnya..

Kami memberikan Sabtu dan Minggu untuk dia nonton dan lain sebagainya. Itu pun karena pernah juga kecolongan dia nonton hal hal yang kasar dan gila, kami memberi batasan tentang apa yang bisa dia tonton..

Bahkan kadang saya marah marah gara gara dia seolah tidak mematuhi batasan dari kami.

Urusan marah marah ini saya berpendapat bahwa sesekali perlu dilakukan.

Itu menunjukkan bahwa kita punya aturan atau batasan yang tidak boleh dilanggar, dalam kondisi apapun kecuali sangat terpaksa..

Namun setelahnya saya menjelaskan logika dibalik larangan ini dan itu, sebab nanti kalau nggak jelas kenapa larangan itu dibuat, nanti dia merasa hanya patuh patuh doang tanpa alasan yang jelas..

Nah di bagian ini, maka orang tua harus sabar dan memberikan waktu untuk menjelaskan sejelas jelasnya dan bahkan memberikan kesempatan pada anak untuk bertanya kenapa larangan itu ada..

Setelahnya, peluk mereka dan bilang:

'Papa begini bukan karena benci atau mau menyiksa ya, Papa begini karena ingin melindungi dan sayang sama kamu. Pengen kamu selamat dunia akhirat, pengen kamu bahagia' dan seterusnya

Sebaiknya peluk ia sampai nangisnya hilang total. Agar emosinya kembali netral, namun sudah punya pemahaman atau kesadaran baru tentang nilai nilai yang tidak boleh dilanggar, agar selamat dan tercegah dari kegilaan yang massive di luar sana..

Menurut anda gimana?

Silakan SHARE Agar Banyak Ortu yang Paham Bahaya Bully Ini

Tidak ada komentar:

Posting Komentar