Minggu, 03 April 2022

Bagaimana Agar Tetap Fokus Saat Sholat Saat Kebisingan dan Segala Distraksi Terjadi Di Sekitar Anda

Pernah nggak ngerasain begini?

Anda sholat berjamaah di masjid dan saat itu rame banget (misalnya saat sholat jumat atau tarawih). Berbagai suara sangat berisik disana sini, bercampur baur suara anak anak yang sedang mengganggu temannya, anak kecil yang bilang aaamin keras banget, anak kecil nangis, anak anak berlarian, suara batuk batuk bapak bapak dan tentu saja bacaan sang Imam.

Itu belum lagi jika jamaahnya lagi banyak banget, shafnya sangat rapat (sehingga ruangan jadi panas), apalagi jika ternyata lokasi kipas angin sangat jauh dari posisi kita saat sholat, wuiiiih badan anda jadi keringetan hingga baju anda jadi agak basah dan lengket.

Plus lagi misalnya aroma nafas bapak bapak yang ada disamping anda ternyata 'mengerikan' dan segala kegilaan yang biasa terjadi saat sholat berjamaah di waktu yang lagi rame banget.

Semua kebisingan dan distraksi lahir batin ini tentu saja jelas jelas sangat bisa menyebabkan konsentrasi jadi pecah.

Saya sendiri sekian kali sering mengalami malah jadi nggak yakin tadi udah baca al fatihah atau belum, karena suaranya bercampur dengan suara suara yang lain beserta tetek bengek distraksi yang begitu banyaknya sehingga kita sulit untuk mendengar suara kita sendiri atau berkonsentrasi pada bacaan.

Entah dengan anda tapi Saya sendiri sering banget mengalami hal ini. Walaupun saya sudah membaca Al Fatihah tapi seperti tidak membacanya atau bahkan menjadi was was dan bertanya tanya 

'Tadi sudah baca atau tidak ya al fatihahnya?'

Menurut saya ini adalah perkara maha penting, karena membaca surah al fatihah ini adalah syarat utama sholat yang sah!

Mungkin secara bawah sadar saya berusaha menemukan caranya agar tetap fokus pada bacaan dan tetap mendengarkan suara saya walaupun kebisingan yang maha dahsyat saat keramaian terjadi saat shalat dalam keramaian yang full. 

Dan sepertinya bawah sadar saya berhasil menemukan sebuah metode praktis untuk mengatasi masalah ini.

Semoga teknik ini juga bermanfaat buat anda yang mungkin juga mengalami masalah yang sama ya :)

'Caranya gimana bang?'

Begini:

Saat anda membaca surah atau bacaan sholat lain, coba pindahkan fokus atau kesadaran anda pada UJUNG LIDAH ANDA. 

Rasakan lidah anda, sadari lidah anda, fokus pada UJUNG LIDAH ANDA. Ingat, lakukan saat anda membaca bacaan sholat apapun terutama Al Fatihah.

Dan insya Allah anda akan secara otomatis walaupun kebisingan dan segala gala distraksi yang terjadi disekeliling anda, anda tetap akan bisa mendengarkan bacaan sholat anda (terutama al fatihah) dengan jelas atau minimal lebih terdengar ketimbang tidak melakukan teknik ini.

Saya sudah menggunakan metode ini berkali kali, sehingga kapanpun kebisingan di masjid terjadi akibat hal hal yang sulit saya kendalikan and alhamdulillaah bisa dibilang saat saya beneran fokus pada menyadari lidah saya, suara bacaan saya jadi tidak 'terkontaminasi' dengan suara suara lainnya serta banyak distraksi yang memecah fokus dan membikin jadi was was.

Oya, JANGAN PERCAYA KEAMPUHAN METODE INI, SEBELUM ANDA MENCOBANYA SENDIRI! ;)

Ok langsung saja anda praktekkan saat sholat berjamaah terutama saat rame banget seperti saat bulan puasa :D

Semoga bermanfaat dan jika dirasa berguna silakan SHARE LINK BLOG INI Ya :D

Salam :)


Fahmy Arafat Daulay


Ahli Terapi Emosi dan Praktisi Kekuatan Spiritual.

Penulis Buku/Pembicara Publik.

WA/Telegram: 0821 4336 7469

Email: fahmyarafatdaulay@gmail.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar