Sabtu, 09 Agustus 2014

Hidup, hakikatnya, adalah sebuah PILIHAN :)

Saya mengedit ulang artikel yang ditulis ANONIM yang saya baca dari sebuah buku yang seingat saya dibeli pada 10 tahun silam (2004). Bukunya sebenarnya biasa saja, namun saat saya membaca cerita dibawah ini, saya memutuskan untuk membelinya. Karena cerita ini begitu bagusnya dan bermanfaat bagi saya, maka saya memutuskan untuk menulisnya kembali dengan sedikit editan dengan gaya saya sendiri.


Anda juga bisa memperoleh inspirasi yang sangat dalam dari cerita ini, jika anda membacanya secara perlahan. Ambil hikmahnya dan rasakan kedamaian saat selesai membacanya. Boleh juga anda membacanya ulang lalu men Share ini ke rekan anda yang lain.

Menurut saya, ini Sangatlah Inspiratif dan dalam. Harus diakui, dari banyak cerita keren yang saya dengar, tulisan dibawah ini adalah satu diantara yang TERBAIK.

Jadi, silakan hirup dan hisap pelan pelan cerita ini. Niatkan dan Rasakan ia masuk kedalam sel sel tubuh anda dan membuat perubahan dalam diri anda.Insya Allah akan terbetik inspirasi yang begitu dalam, saat membacanya, setelahnya dan bahkan bisa memberi perubahan pada suasana hati anda, serta memberi keberanian yang indah, untuk menghadapi hidup, bagaimanapun kondisi yang anda alami saat ini :)

Selamat Menikmati :)

Kita bisa belajar  dan mendapati hikmah yang dalam dari Anto ( bukan nama asli) tentang bagaimana memberi motivasi dan masukan yang membangun , menerima kritik dan menghadapi hidup dengan penuh makna yang dalam.

Anto bekerja sebagai manajer disebuah restoran. Entah kenapa, ia selalu terlihat bahagia dan seperti tak pernah sedih . Kalau ada orang nanya:

'Gimana kabar ente Brow?' maka dia akan menjawab kira kira begini:

'Dahsyat Brow! Saking dahsyatnya, serasa mau meledak ini energiku!' katanya sambil tersenyum lebar, saking semangatnya.

Kalau dia pindah kerja, pelayan di restorannya bersedia keluar dan ikut sama dia dari satu tempat ke tempat yang lain. Kok bisa? Itu karena sikap hidup Anto yang Super Positif.

Anto ini adalah sejenis motivator yang Super Sakti dan Full of Spirit. Kalau ada karyawannya sedang merasa sial, dia selalu ada dan memberi masukan yang membangun dan membantu mereka melihat hikmah dari kejadian yang dialami.

Karena penasaran dengan kehebatannya, saya menemui Anto dan bertanya:

'Nggak mungkin lah orang bisa positif sepanjang waktu Bray, kok ente bisa?

Dia jawab:

'Jadi gini bray, tiap pagi pas aku bangun, aku bilang ke diriku sendiri bahwa aku punya 2 pilihan hari ini. Aku bisa milih untuk merasakan suasana hati yang bahagia, enak, penuh syukur atau tenggelam dalam perasaan yang tak enak, sedih dan sejenisnya . Dan Aku SELALU memilih merasakan perasaan Bahagia'

'Asal ada suatu kejadian, aku punya hak untuk memilih jadi korban atau belajar dari kejadian tersebut. Dan Aku, SELALU memilh belajar dari hal itu. Kalau ada orang yang mengeluh atau komplain, aku bisa terima gitu aja keluhan itu trus jadi marah atau kecewa, atau... aku bisa tarik hikmah dari kejadian itu. Aku selalu memilih untuk menarik hikmahnya'

'Tapi kan gak segampang itu Brade?'Aku protes. Sepertinya masih tak masuk akal kalau bisa semudah itu, setuju?

'Bisa' Kata Anto. Kata 'Bisa' nya yang tegas ini agak mengejutkan buatku.

'Hidup itu sebenarnya adalah pilihan bray. Semua yang terjadi adalah pilihan. Ente bisa milih gimana bereaksi pada keadaan sekitar. Ente bisa milih biarin orang pengaruhin perasaanmu . Kau juga bisa pilih untuk ada dalam suasana hati yang baik atau buruk. bagaimana kamu hidup adalah pilihanmu. BENAR BENAR PILIHANMU bray' katanya dengan menekankan kalimat terakhir.

Aku termangu mendengarnya dan berusaha memahami kata katanya yang begitu dalam itu dan berpikir, 'Ternyata orang ini memang benar benar Inspiratif, ia memang Luar Biasa' Aku belajar banyak dari pria ini. Filsafat Hidupnya memang sangat memberdayakan.

Aku selalu menikmati diskusi dengan sahabatku ini. Saat bersamanya, aku merasakan gelombang energi yang begitu besar, namun lembut dan membahagiakan. Sangat mengesankan, sangat mendalam, sangat inspiratif..'

Beberapa tahun kemudian, aku dapat berita kalau Anto melakukan sesuatu yang sangat fatal. Dia lupa mengunci pintu belakang restoran, sehingga dia dirampok 3 orang bersenjata. Saat mencoba membuka brankas, ia begitu ketakutan hingga salah putar nomor kombinasi. Rampok jadi panik dan menembaknya. Untung ia segera ditemukan dan dibawa ke Rumah Sakit.

Setelah dioperasi selama 18 jam dan seminggu perawatan intensif akhirnya ia meninggalkan Rumah Sakit dengan beberapa bekas serpihan peluru masih ada didalam tubuhnya. Aku menjenguknya setengah tahun kemudian setelah kejadian itu.

Saat aku tanya gimana kabarnya,  dia jawab:

'Super Dahsyat Brow!'

Rasanya aku semakin MENGGILA!'

'Mau liat bekas lukaku ?' Katanya, masih seperti yang dulu, Full of Spirit yang sangat menggelora.

Aku melihat lukanya dan bertanya tentang apa yang dia pikirkan saat perampokan terjadi?

'Yang pertama dipikiranku, harusnya aku ingat mengunci pintu belakang. Setelah mereka menembakku dan tergeletak di lantai, aku ingat kalau aku punya pilihan : aku BISA memilih hidup atau mati. Dan, Aku memilih untuk hidup bray'

'Ente emang nggak takut bray?" tanyaku serius.

Anto melanjutkan 'Yah Dokternya mantap mantap bray. Mereka terus ngomong kalau aku akan sembuh. Tapi pas mereka mendorongku ke IGD dan melihat muka dokter and perawatnya, aku jadi takut bray. Dari mukanya keliatan,  mereka seperti ngomong 'ni orang bakalan mati, ah sungguh tiada lagi harapan buatnya'. Melihat kondisi itu, aku segera bertindak cepat."

'Trus, ente ngapain bray?' tanyaku. 'Hemm, disana ada perawat gemuk yang bertanya apa aku punya alergi?.'Aku bilang ya, punya mbak..'kataku pelan.

Dokter dan perawat berhenti dan menunggu jawabanku. Lalu aku menjerit kuat kuat 'aku alergi PELURU Mbaaak!!' Mereka semua ketawa dan pas mereka ketawa aku bilang begini:

'Halo semua, Aku milih untuk hidup ya. Jadi tolong operasi aku sebagai orang hidup, bukan sebagai orang mati, Ok?' Sambil masih tertawa, mereka menganggukkan kepala dan aku pun merasa lebih tenang. Keputusanku untuk memilih tetap hidup dan bertindak cepat saat mereka dilanda kekhawatiran untuk mengoperasiku kiranya telah berhasil menyelamatkanku, hingga kini bray' katanya sambil tersenyum.

Ah pria ini benar benar sangat menginspirasi. Aku sangat mengagumi sikap hidupnya yang luar biasa mempesona.

Yang jelas, Anto bisa terus hidup bukan hanya karena keahlian tenaga medisnya ,tapi juga karena sikap hidupnya yang begitu mengagumkan.

Kita bisa belajar dari Anto bahwa:

'Tiap hari kita dapat memilih apa kita akan menikmati hidup kita yang hanya sekali ini atau malah membencinya?'

'Satu hal yang benar benar milik kita yang tak bisa dikendalikan orang lain adalah sikap kita'

'Hingga jika kita bisa mengendalikannya, maka segala hal dalam hidup ini akan jadi lebih indah, penuh warna dan lebih bermakna dari sebelumnya'

Semoga Manfaat ya, silakan Share kesiapapun jika anda ingin.

Semoga kita semua dikaruniai olehNya kemampuan untuk MEMILIH selalu memberikan sikap yang terbaik terhadap apapun kejadian yang kita alami, segawat apapun itu..

Aamiin..


Salam Cinta :)

NB: Silakan Share jika ada Manfaatnya :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar