Kamis, 31 Agustus 2023

BOROS PANGKAL KAYA?

Semoga kamu selamat dari doktrin 'boros pangkal kaya'

Sebab dulu aku pernah mempraktekkannya, bukannya jadi kaya malah jadi makin ancur

Dan kalau hidupmu ancur maka mereka tidak akan bertanggung jawab atas makan harianmu, uang sekolah anakmu, penghinaan orang terhadap kamu, perasaan tercekik di tubuh kamu karena bingung mau bayar listrik pake apa, uang untuk kondangan serta bayar uang sampah bulanan, bensin dan lainnya.

Belajar dari siapapun boleh boleh saja, tapi tetap gunakan akal sehatmu.

Sebab mendapatkan banyak uang dan tetap punya banyak uang adalah 2 ilmu dan skill yang berbeda. Jika kamu seenaknya boros dengan uangmu, maka jika kamu jadi miskin, itu adalah realita.

Tapi sekali lagi, lakukan saja apa yang ampuh buat kamu. Ada sebagian orang yang justru jadi tambah kaya dengan teknik itu.

Namun yang aku perhatikan, itu hanya terjadi pada sangat sedikit orang, sementara sisanya malah jadi tambah hancur hidupnya

It's not for everyone, jadi tetap gunakan akal sehatmu.

Sebab riset kelas dunia menunjukkan bahwa perusahaan besar yang bertahan selama lebih dari 40 tahun (Sequia Capital, dipimpin oleh Michael Moritz) bukan mereka yang boros.

Namun mereka yang takut dan bahkan paranoid, bahwa suatu saat uang banyak yang sudah mereka perjuangkan selama puluhan tahun, hilang begitu saja

Aku juga pernah membaca dalam bukunya Pak Heppy Trenggono dan sungguh mengejutkan bahwa ia menekankan untuk sangat berhati hati dan jangan boros dalam keuangan.

Aku sendiri selalu berusaha memilih saran dari yang terhebat. Sebab saran dari yang levelnya di bawah itu, biasanya tidak bagus atau malah bisa menghancurkan kehidupan..

Karena sekali lagi, kalau hidupmu ancur maka mereka tidak akan bertanggung jawab atas makan harianmu, uang sekolah anakmu, penghinaan orang terhadap kamu, perasaan tercekik di tubuh kamu karena bingung mau bayar listrik pake apa, uang untuk kondangan serta bayar uang sampah bulanan, bensin dan lainnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar