Minggu, 13 Oktober 2013

Cara Mudah Menjadi Manusia yang Sangat Mengesankan :)


'Ada saat dimana kau pernah belajar pada atau bertemu seseorang, dan ia berhasil mengubah hidupmu selamanya' (My Self)


Kita semua pernah bertemu atau belajar dengan orang yang sangat mengesankan dan membuat kita takkan pernah melupakannya selamanya. Kesannya begitu Positif dan memberikan banyak pelajaran yang bahkan mungkin orang yang mengesankan itu tidak menyadarinya.

Waktu saya SMU kelas 1, dikelas saya ada seorang Guru bernama Pak Sianipar. Orangnya Rapi, Keren dan yang paling penting, ia punya kemampuan yang unik untuk menghidupkan suasana menjadi hidup dan penuh tawa.

Caranya mengajar benar benar aneh. Perlu diketahui bahwa pria ini mengajar Bahasa Inggris yang mana tentu saja kami harus belajar tentang Grammar dan segala jenis hal hal bersifat Inggris lainnya.

Tetapi, caranya mengajar sangat lucu. Saat beliau menulis dipapan tulis, ia akan mencondongkan pantatnya kearah kami, sehingga kami, para murid sekolah dikelas itu jadi senyum senyum dan menahan tertawa dengan penuh perjuangan.

Beliau juga sering menggoyangkan pinggulnya saat ia menjelaskan sesuatu. Ini begitu mengerikan dan membuat kami tertawa lagi. Dan lagi, saat ia mengajar, ia selalu mengajar dengan bersemangat dan atraktif. Wajahnya dipenuhi dengan senyuman selama ia beraksi mengajar kami.

Buat saya, cara Pak Sianipar mengajar berhasil membuat ia menanamkan ingatan saya tentangnya selamanya, dalam hal yang Positif dan Penuh Hikmah.

Saya yakin anda juga punya pengalaman menarik saat belajar disekolah dulu. Ada satu atau beberapa Guru Hebat yang benar benar menarik perhatian anda. Mereka benar benar membuat kesan yang tertanam dalam di Jiwa anda dan seringkali, kesan itu bertahan selamanya, sebagaimana yang saya alami dengan Bapak itu.

Saya tak tahu apakah beliau masih mengajar di SMUN 16, Terjun lagi namun ingatan tentangnya tetap membekas selamanya.

Apa yang saya pelajari dari beliau adalah pelajaran, sesulit apapun akan lebih mudah dipahami, jika ia dibawakan dengan cara yang lucu dan menarik. Lalu, jika anda memberikan materi sambil tersenyum dan penuh expresi, maka anda akan mendapatkan perhatian yang lebih dari audiens anda dan kemungkinan ilmu yang disampaikan untuk lebih dipahami menjadi lebih besar.

Tentang Proses Tersenyum saat Mengajar, saya juga teringat dengan seorang Doktor Ekonomi Islam bernama Muhammad Syafii Antonio. Sebenarnya saya lumayan sering melihatnya di TV dulu, namun saat beliau memberikan materi pada acaranya Ustadz Yusuf Mansyur kira kira beberapa tahun silam di TV dengan gaya mengajar dengan White Board, saya terkesima.

Entah apa yang membuat caranya mengajar begitu menghipnotis dan nyaman. Saya senang saat melihat caranya mengajar tapi saat itu belum tahu hal mendasar apa yang membuat caranya mengajar begitu asik dan menyenangkan.

Akhirnya, saya mencoba mengingat dan menstrukturkan apa saja yang dilakukan beliau saat mengajar. Ternyata sangat sederhana, Selain penguasaan materi yang mantap, beliau selalu tersenyum dan mengeluarkan nada yang lembut saat mengajar.

2 Jurus ini saja sudah mampu membuat saya (Saya yakin juga banyak muridnya yang lain) terhipnotis dan terpaku mendengarkan uraiannya yang penuh dengan Pengetahuan yang Penting. Saya tak menyangka bahwa Senyum ternyata memiliki kekuatan dahsyat yang bisa menaklukkan hati manusia dan juga mempermudah proses pembelajaran dan pengajaran.

Dalam pengamatan saya selama bertahun tahun pada para Pembicara Hebat di Indonesia, saya menemukan bahwa rata rata mereka adalah mereka yang Humoris dan suka tersenyum, termasuk Ustadz Yusuf Mansyur.

Juga, menjadi pembelajaran bahwa mereka tak mungkin membawakan materi dengan senang hati jika mereka tidak Menyukai apa yang mereka bicarakan. Mereka begitu menyukainya sehingga saat membicarakannya, mereka membicarakannya dengan penuh senyuman. Sebuah pengertian berharga yang memahamkan pentingnya memilih pekerjaan yang disukai, agar perasaan selalu Bahagia, kapan dan dimana pun.

Jadi, menjadi mengesankan tak memerlukan energi yang besar. Cukup hidup dengan melakukan apa yang disukai, menyampaikan dengan penuh senyum dan kebahagiaan, lalu Karisma dan Rasa Terkesan yang Dalam dari orang lain, akan hadir dengan sendirinya. Sebagaimana Pak Sianipar dan para Guru, telah berhasil melakukannya pada Saya

Luruskan Niat anda karenaNya, Kerjakan yang anda Sukai, Tersenyumlah saat menyampaikannya dan bersiaplah menjadi manusia paling mengesankan, dihati manusia dan Yang Maha Pencipta.

Salam Senyum

Fahmy Arafat Daulay.

Triangle of Reality Founder: Rahasia Tundukkan Hati Manusia dan Alam Semesta.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar