Minggu, 01 Maret 2020

Self Technology

Menurut saya, istilah 'mind technology' memang kurang lengkap. Yang lebih lengkap adalah 'Self Technology'

Karena manusia itu ternyata, bukan cuman pikirannya saja. Tapi juga tubuhnya, jiwanya dan juga ruh nya.

Semuanya saling terkait. Kalau pikiran nggak bener, tubuh juga secara umum jadi nggak bener. 

Dalam kasus saya yang saya kira sangat unik, saat tubuh saya nggak bener dan pola hidup saya melanggar hukum keseimbangan semesta, maka ilmu mind technology sekeren apapun (setelah mempelajarinya sejak 2006 - 2007) tidak akan bekerja.

Beneran nggak works..

Memahami pikiran itu ada ilmunya sendiri dan panjang kajiannya, serta 'mahal' belajarnya. 

Memahami tubuh, juga ada ilmunya sendiri. Belajarnya panjang juga dan jelas butuh biaya.

Memahami jiwa dan ruh? ya jelas ada ilmunya lagi, masuknya malah itu hal yang PALING ESENSIAL dalam hidup manusia. 

Paling penting dan semuanya pasti akan berujung kesini.

Tetap butuh biaya dan panjang belajarnya.

'Belajar' disini maksud saya bukan cuman belajar teorinya saja, tapi juga menjalani tahapan saat mempraktekkan ilmunya.

Itu makanya sebaiknya para pembelajar, usahakan punya modal yang cukup untuk belajar, jangan membenci uang, karena untuk belajar ilmu penting, itu jelas butuh duit yang banyak banget malah.

Kalau belum punya uangnya, CARI UANGNYA!

Saya sendiri juga dari dulu begitu kok :D

Semuanya saling terkait, semuanya saling terkoneksi, tak bisa tidak. Faktanya ya memang begitu.

Dan yang namanya belajar ini, kadang butuh bertahun tahun (10 - 20 tahun) untuk menemukan pola atau ilmu yang paling sesuai buat tubuh kita, pikiran kita dan jiwa kita.

Belajar ilmu sana sini, dari guru sana sini, mempraktekkan teknik dan metode ini dan itu, hingga akhirnya menemukan satu atau beberapa gabungan ilmu yang paling tepat buat kita :)

Lama memang, tapi sangat patut diperjuangkan. Dan kalau nggak segera dimulai, maka kita 10 atau 20 tahun lagi, biasanya akan tetap berada di pola yang sama dan hal ini, akan menimbulkan kepedihan dan penyesalan mendalam.

'Kemana aja ya aku selama ini?'

Adalah pertanyaan yang sering diajukan saat diri manusia sudah mencapai umur tertentu. Yang sebenarnya, dulunya tidak ada yang mengajarkan pentingnya ilmu 'Self Technology' ini.

Itulah pentingnya memiliki mentor atau yang banyak orang sebut 'Guru' yang sangat berpengalaman, kaya wawasan dan juga sebaiknya, pinter dalam mengajar, karena memahami dinamika manusia dan cara habit bekerja secara bertahap.

Orang orang ini, insya Allah akan membantu percepatan pertumbuhan tubuh, pikiran, jiwa dan ruh anda, ketimbang mencari sendiri, yang biasanya jadi lebih panjang.

Nggak ada jaminan sih bakalan mendapat pemahaman kontan dan tercerahkan.

Seringkali ilmu yang diajarkan seorang Master, baru dipahami setelah 3, 5 atau bahkan 20 tahun atau mungkin lebih, karena bangunan data atau informasi dan pengalaman kita dulu, belum cukup untuk menampung kedalaman ilmu yang sang master berikan.

Ibaratnya, pria cungkring yang ototnya belum sanggup ngangkat beban berat, namun seiring dia belajar tentang nutrisi, istirahat, berlatih dengan teratur, dengan bimbingan personal trainer, maka akhirnya setelah sekian bulan atau tahun, akhirnya ia akan mampu mengangkat beban berat itu, dengan sukses.

Kenapa?

Karena ototnya sudah siap, sudah terlatih, sudah berpengalaman mengalami tahapan demi tahapan barbel berat dengan konsisten. Sehingga secara bertahap, akhirnya tubuh dan pikirannya cukup kuat untuk mengangkat beban maksimum.

It takes a lot of time, tapi sangat layak untuk diperjuangkan dan hasilnya, akan beneran sangat sangat memuaskan.

Paham ya ;)

Ya sebenarnya saya cuman mau share pikiran dan perasaan saya bagi ini yang terasa begitu terang. Karena bangun tidur kemarin dan bangun tidur pagi ini, saya serasa mendapatkan apa yang disebut 'Aha Moment' atau 'Pencerahan' :)

And i'm soo grateful of this insight :)

Assalaamu'alaykum semua..

Semoga Allah selalu berkenan memberikan hikmahNya dan saat pulang padaNya, Allah berkenan untuk mengembalikan kita padaNya, dengan jiwa yang hening, lagi diridhai olehNya..

Aamiin..

Have a nice life everyone :)

Ba'da Subuh, Kamis, 27 Februari 2020, Pekalongan..

#Pencerahan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar