Sabtu, 27 Mei 2017

7 CARA MENANGANI EFEK TIDAK NYAMAN DITUBUH SAAT BERPUASA

Beberapa hal ini sering saya alami saat berpuasa sejak dahulu:

- Merasa lemas.

- Agak pusing.

- Merasa kembung.

- Merasa tak berdaya atau seperti nggak bisa ngapa ngapain.

- Emosi kurang kontrol.

- Produktivitas anjlok.

- Jadi mudah mikir negatif.

- Dan lain lainnya yang terkait.

Kesemuanya itu membuat saya merasa trauma kalau sudah masuk bulan puasa. Bulan yang harusnya membuat seorang Mu'min berbahagia, malah berefek sebaliknya pada saya.

Selama bertahun tahun saya nggak ngerti kok bisa jadi begini ya?

Setelah belajar disana sini, akhirnya saya paham setelah belajar ilmu ilmu sejenis Food Combining.

Ternyata efek efek yang beneran minta ampun nggak enaknya itu adalah efek pembersihan usus usus kita yang mengandung banyak toksin atau racun atau zat sisa.

Rasa nggak nyaman itu terjadi karena sedang terjadi detox atau pembersihan.

Racun racun yang selama ini bercokol diperut dipurifikasi atau dimurnikan, sehingga kalau anda perhatikan, pada kira 10 hingga 15 hari hingga 20 harian puasa biasanya anda (selain mengalami gejala gejala diatas) akan mengalami mulut yang baunya minta ampun mengerikannya :v

Tapi anehnya, setelah masuk hari ke 16 atau hari ke 21, maka biasanya itu mulut kita yang biasanya BAU NAGA, berubah jadi netral.

Ini seingat saya yang terjadi selama saya berpuasa.

Kentut kita yang biasanya baunya amat mengerikan dan menjijikkan, berubah jadi nggak berbau.

Jadi kalau udah masuk hari ke 21, mau anda kentut di lift yang pengap pun insya Allah nggak akan bikin pingsan dan muntah muntah :v

Nah buat anda yang sering merasakan hal yang sama seperti saya, jangan khawatir, itu memang lagi detox saja. Cuman ya memang luar biasa mengganggu. Dan lagi itu memang disebabkan pola makan atau gaya hidup kita yang belum ok.

Orang yang gaya hidup sebelumnya rajin puasa atau menjalankan gaya hidup dengan makan makanan yang bersih (banyak makan sayur buah dan menghindari junk food, soft drink dll) biasanya aman aman saja atau kalaupun ada, nggak segila seperti daftar kesengsaraan yang saya tulis diatas :v

Jadi gimana cara supaya fase detox itu segera beres?

Ini beberapa tips yang insya Allah berguna:

1. Pas sahur dan berbuka, banyak banyak makan buah.

Sebaiknya buah buahan lokal seperti:

Apel malang, salak, aneka jambu (air, biji), manggis, pisang, bengkoang, nanas, sawo, jeruk pacitan..

Kenapa sebaiknya buah lokal?

Karena lebih segar, tanpa bahan pengawet. Buah buahan impor itu sepengetahuan saya, biasanya sudah nggak segar, karena berasal dari luar negeri, sudah berada dalam gudang selama berbulan bulan dan banyak pengawetnya.

2. Juga usahakan minum air hangat sebanyak yang disanggupi.

3. Hindari panas matahari, kalau terpaksa keluar, pake topi, payung atau segala yang melindungi dari sinar matahari langsung.

4. Banyak melakukan latihan pernafasan perut (silakan googling), teknik ini insya Allah akan mempercepat proses detoxifikasi.

5. Hindari atau kurangi sekuatnya minum es (walaupun es buah) dan sirup serta gorengan berlebihan.

Sebab hawa dingin dari es akan mendinginkan perut sehingga bakteri jahat mendapat ruang untuk hidup dan berkembang.

Sirup berwarna warni mengandung banyak pengawet sehingga menghambat proses detox jadi lebih lamanya minta ampun. Efek buruk yang identik juga terjadi apabila menghajar gorengan habis habisan.

6. Usahakan banyak tidur atau beristirahat pada 7 hari pertama puasa. Ini membantu tubuh untuk lebih cepat recovery.

7. Tidur dibawah jam 10 malam.

Alam semesta sedang sangat aktif aktifnya pada jam 10 malam keatas. Sehingga waktu yang harusnya orang sudah tidur dan organ dalam sedang recovery, nggak terjadi dengan maksimal.

Sehingga rata rata orang yang suka begadang, emosinya kurang stabil dan energi fisik dan mentalnya rendah serta kurang termotivasi (mudah emosi dan galau)

Yang ini bukan saran dari saya melainkan dari dokter Deepak Chopra.

Bapak ini selain seorang dokter medis yang sudah menghasilkan amat banyak buku yang Best Seller, juga seorang Praktisi Ayurveda, ilmu pengobatan tradisional India.


Yang setelah dulu saya rajin tidur dibawah jam 10 malam, kesehatan dan kontrol emosi saya jadi membaik (sekarang saya belum konsisten, masih sering juga kebablasan lewat jam 10 malam wkkkk, ayo mari sama sama tidur cepat lagi :D)
 

Ok, semoga bermanfaat ya :)
 

Silakan SHARE artikel singkat cara melewati masa detox dengan lebih mudah ini.
 

Semoga anda yang mungkin juga mengalami hal yang sama dengan saya saat berpuasa, bisa lebih nyaman dan segera terbebas dari kesengsaraan :D
 

Salam :)
 

Fahmy Arafat Daulay


Tidak ada komentar:

Posting Komentar