Selasa, 10 September 2019

NYARIS DIHAJAR GURU SENDIRI!

'Makna komunikasi tergantung respon yang dihasilkan'

(NLP Presupotition)

Saya teringat dulu pernah berdebat dengan Guru saya hingga beliau begitu emosinya sampai sampai nyaris mau memukul saya. Untung saja dihentikan orang sekitar, kalau nggak duh gawat banget dah wkkkkkk

Lalu saya segera minta maaf dan menyadari, tidak sepantasnya saya berbuat begitu pada Guru saya, didepan umum..

Jadi, jika pola komunikasi kita bisa membuat orang orang yang selama ini positif positif saja menjadi tersinggung artinya? 😉

Jelas, ada yang keliru dari how to speak the idea, semulia atau sebenar apapun kita 😃

Seperti pernyataan yang saya diskusikan pada seorang tamu dari Semarang:

'Cara kita menyampaikan itu, 1000 kali lipat atau bahkan 1 juta kali lipat lebih Maha Penting, ketimbang apa yang disampaikan'

Misalnya ya, saya mau ngasi makanan enak banget ni sama orang yang kebetulan badannya kurus, cara saya ngasinya begini:

'Woi cungkring! Gua ada makanan enak nih, elu tengkorak berjalan, cepetan makan ini dong goblok! Kering banget tuh badan kaya tulang kurban lagi sprint luh!'

Gimane ga sakit ati tu orang bos? Wkkkkkkk

Sebenarnya sih saya udeh tau ini prinsip sejak dulu, cuman ya memang cara berkomunikasi yang manusiawi ini memang butuh ilmu dan latihan yang konsisten yang disengaja serta musti siap dengan mungkin banyak kebelum berhasilan di awal..

Saya juga masih harus banyak belajar nih, karena:

'Niat baik yang tidak disampaikan dengan cara yang tidak baik pasti dianggap sebagai serangan atau keburukan'

Paham ya ? 

Dan penguasaan semua ini sebenarnya selalu dimulai dari satu hal ini yaitu:

'Self Mastery'

Yaitu kemampuan mengendalikan diri agar bisa memberikan penjelasan dengan baik, jelas, runtun dan tidak menyakiti. 

Intinya sih, nuduh orang baperan, emosian dan goblok padahal cara komunikasinya begitu ya gimana ya wkkkkkkk

Sekali lagi:

1. 'Makna komunikasi tergantung respon yang dihasilkan'

2. 'Cara kita menyampaikan itu, 1000 kali lipat atau bahkan 1 juta kali lipat lebih Maha Penting, ketimbang apa yang disampaikan'

3. 'Niat baik yang tidak disampaikan dengan cara yang tidak baik sudah pasti dianggap sebagai serangan atau keburukan'

Ah Allah, kayanya aku juga belum lulus lulus juga nih urusan prinsip prinsip ini..

Maafkan aku ya Allah..

'Berpikirlah sebelum bicara, bukan sebaliknya'

#Mantraku #SelfHypnosis #LearningExperience

Pekalongan, Jumat, 6 September 2019, sebentar lagi jemput Aysha di TK..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar