Selasa, 10 September 2019

BAWAH SADAR NGGAK BISA BERCANDA? NGGAK SALAH LU TONG? :D

Milih 'Guru' juga mesti hati hati..

Soalnya saya lihat ada beberapa yang dianggap 'Guru' masih juga memegang keyakinan bahwa:

'Bawah Sadar tidak bisa bercanda'

Iya sih, bagi beberapa orang dengan tipikal tersebut memang ada yang mudah banget terpengaruh, dengan berbagai sebab dan mungkin bawaan.

Tapi kalau ide bahwa bawah sadar itu nggak bisa bercanda ditelan mentah mentah dan dihadapkan pada kenyataan bahwa para aktor dan pelawak yang pura pura jadi banci dan tetap suka cewek, nah itu gimana?

Berapa kali saya liat Sule jadi banci tapi masih saja doyan cewe bening kok wkkkkkkk

Atau ada yang bilang:

'Kalau sering dengar lagu cinta atau sedih maka akan mudah baperan'

Hemm bisa iya bisa juga nggak..

Sebab saya tau ada teman fb saya yang pesilat dan garang penampilannya, berlatih silat sambil dengar lagu mellow dan dia nggak baperan dan nyante aja orangnya :D

Hal ini juga berlaku pada film dan bentuk hiburan lainnya. Iya saya setuju kalau memang bisa mempengaruhi, apalagi kalau secara massal. Saya bahkan sudah menulis ebook Hypnotic Music yang membahas hal ini secara lumayan mendalam.

Cuman begini loh, seperti saya ya, suka banget melihat film action yang penuh kekerasan serta tarung bebas yang brutal ala muaythai dan UFC mungkin sudah hampir 20 tahun, toh kenyataannya saya nyaris nggak pernah menghajar orang dengan sengaja dan menjadi hobi?

Nah itu kenapa coba? :D

Makanya ide bahwa 'bawah sadar nggak kenal bercanda' itu nggak berlaku buat semua orang, terutama dengan tipikal darah tertentu atau orang yang sudah belajar cara mengendalikan persepsi atau disassociation.

Oya, ini bukan berarti saya membenarkan anda jadi boleh boleh saja mendengarkan musik menyedihkan atau film korea yang mengharukan, oh tidaaaaak!

Yang penting disimak adalah, apakah selama 5 tahun hingga puluhan tahun ini anda sering nonton begituan dan hidup anda jadi nyaris mirip dengan lagu dan film yang anda tonton?

Jika jawabannya dominan YA, maka anda sebaiknya hindari dan stop nonton dan mendengar lagu sedih itu. Jika anda santai santai saja dan menikmati serta kajian fiqh anda boleh boleh saja asal tidak jadi maksiat dan ninggalin sholat, ya silakan saja.

Walaupun, tentu saja lebih aman kalau anda memilih film atau lagu yang bikin semangat secara sengaja. Kalau ada yang positif, mengapa memilih yang negatif kan? :D

Kembali lagi bahwa ide bahwa: 'bawah sadar tidak kenal bercanda' mungkin bagus buat pemula, tapi kalau anda mau jadi seorang Ahli, sebaiknya terus belajar lagi.

Sebab ide diatas kalau dipegang terlalu kuat, maka anda akan bisa jadi seorang fanatik yang berwawasan sempit serta hobi menghakimi ;)

Bagaimana Menurut ANDA?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar