Rabu, 13 Februari 2019

Kecerdasan Berbahasa Tingkat Tinggi Om Rocky Gerung

Seingat saya kira kira 2 tahunan ini, heboh sebagian orang menyebut nyebut nama Rocky Gerung. Ia seperti Selebritis dalam dunia politik sejak muncul dalam ILC.

Saya sendiri hanya sedikit tertarik pada politik dan lebih ke hanya ingin tahu saja. 

Tapi beberapa waktu lalu seorang teman FB seperti memuji kehebatannya dalam berbahasa dan sejenisnya yang membuat saya penasaran, seperti apa sih Rocky Gerung ini? :D

Lalu tadi saya nonton video debatnya dan menemukan bahwa kemampuan Rocky ini memang tinggi dan Super Hypnotic. Ia memang bukan sembarangan.

Beberapa skill yang saya tangkap dan tajam sekali adalah ini:

- Metaphor atau analogi atau perumpamaan.

- Story Telling/Sejarah.

- Data yang Akurat.

- Berpikir Hingga ke Akar.

- Makna Kata.

- Reframing.

- Teknik Jeda atau diam agak lama sebelum menjawab. Ia memang mikir dulu sebelum menjawab pertanyaan.

Dan lain lain yang mungkin belum sempat saya tangkap.

Tapi, satu kualitas paling hebat dari Om Rocky ini saya kira adalah Self Mastery. Ia punya keberanian dan ketenangan diatas rata rata. Mau dibentak bentak pun dia tenang tenang saja, khas seorang yang sudah biasa berdebat gila gilaan sejak muda :D

Well, kecuali level keberanian dan self mastery nya Om Rocky yang jelas lebih Mastah, saya seperti melihat diri sendiri sih pas ngeliat dia lagi debat wkkkkkk..

Cara dia menjawab khas seorang yang jujur (bahkan terlalu jujur sih saya liat wkkkk) dan kejujuran adalah bahan inti dari Filsafat atau berpikir mendalam, hingga ke akar akarnya ;)

Ngeri banget memang ya, kalau udah sangat terlatih begitu :D

#ModellingTheMaster

Tidak ada komentar:

Posting Komentar