Rabu, 07 November 2018

Belum Berhasil Itu = Kemajuan..

Belum Berhasil Itu = Kemajuan..

Ketika seseorang mulai berolahraga, maka sangat alamiah kalau esok harinya atau beberapa hari berikutnya badannya akan pegal pegal. 

Apakah itu tanda kegagalan?

Oh tidak, itu bahkan tanda bahwa otot mulai bertambah semakin kuat. Lakukan terus latihannya, maka otot akan berkurang dan menghilang rasa pegalnya dan menjadi semakin kuat dan berbentuk.

Ketika seorang bayi mulai belajar merangkak atau berdiri dan berjalan, kemudian ia jatuh, apakah itu namanya gagal?

Oh tidak, justru itu tanda bahwa kakinya mulai sadar dan terbiasa menahan berat tubuhnya. Seiring ia terus berlatih merangkak, akhirnya ia akan berdiri, akhirnya ia kan melangkahkan langkah pertamanya untuk kemudian bisa berlari.

Jadi, apa yang disebut dengan kejatuhan atau kegagalan, pada faktanya adalah tanda alamiah dan sangat normal bahwa seseorang itu sedang berada dalam kemajuan. 

Namun kalau dalam proses itu ia merasa hancur dan finish, maka laksana bayi yang berhenti merangkak dan diam saja, maka ia takkan bisa berlari untuk selama lamanya.

Ketika seorang penemu roket menemukan roket pada percobaannya ke 5000 kali, apakah yang 4999 experimen tadi bisa dibilang kegagalan?

Ya jelas tidak, sebab jika kita bayangkan untuk mencapai suatu lokasi (seperti kafe, masjid atau hotel) butuh tepat 5000 langkah untuk sampai persis, apakah kita akan bilang 4999 langkah tadi adalah kegagalan?

Nggak kan? :)

Artinya, 4999 langkah tadilah yang mengantarkan kita pada lokasi yang kita inginkan. Itu bukan gagal namanya, melainkan langkah yang semakin maju.

Logis kan? ;)

Jadi, jika anda sedang berusaha memperbaiki kehidupan anda dan merasa belum berhasil, sadarilah fakta bahwa sebenarnya anda itu sudah selangkah lebih dekat pada target anda. 

Anda sudah semakin mendekati sukses anda.

Jadi itu namanya bukan gagal atau ancur, melainkan sudah semakin maju.

Lain kali saat anda merasa anda bodoh dan susah sekali menguasai sesuatu, sadarlah bahwa anda sudah melangkah lebih jauh ketimbang orang yang sama sekali tidak belajar, sama sekali tidak melakukan sesuatu untuk memperbaiki hidupnya.

Seorang sabuk putih yang sudah melakukan latihan pukulan sebanyak 1000 kali, akan tetap jauh lebih baik ketimbang orang awam yang sama sekali tidak pernah berlatih pukulan sekali pun.

Artinya si sabuk putih tadi sudah semakin mendekati target untuk menjadi seorang Sabuk Hitam. Jadi, nggak ada yang sia sia, semuanya insya Allah akan mengantarkan anda lebih dekat pada kesuksesan, dalam hal apapun itu :)

Perjalanan 1000 Li dimulai dari langkah pertama.

Membaca 1000 halaman buku selalu dimulai dari halaman pertama.

Jogging 10 Km dimulai dari Km pertama.

Jangan pernah remehkan langkah anda sekecil apapun itu, sebab itu adalah kemajuan, sebab itu satu langkah lagi lebih dekat pada keberhasilan.

Dengan cara berpikir seperti ini, insya Allah anda takkan lagi meremehkan diri anda sendiri, sebab anda sadar bahwa semuanya adalah kemajuan, seburuk apapun pandangan orang pada anda saat ini.

Bersabarlah dan tetaplah melangkah. Sebab kalau anda terus bergerak, sepelan apapun itu, insya Allah akan sampai juga :)

Sekali ingat ya, bahwa:

'Tak ada kegagalan, yang ada hanyalah kemajuan'

Semoga BerManfaat dan silakan di Share jika anda merasa ini berguna.

Salam :)

Fahmy Arafat Daulay 

Ahad, 4 November 2018, Pekalongan, Ba'da Isya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar