Selasa, 09 Oktober 2018

Teknik Pemecahan Masalah Yang Lebih Efektif

Lebih mudah berpikir dan menemukan solusi saat anda menuliskannya sejelas jelasnya, sedetil detilnya, sekomplit komplitnya.

Tuliskan masalah atau hal yang sedang anda pusingkan sedetil detilnya, sejelas jelasnya dan buat pilihan cara untuk mengatasinya.

Dengan menuliskan apa yang selama ini anda bingungkan dan jadi stres karenanya, akan jelas apa sebenarnya masalahnya, karena tercetak jelas di depan mata anda dalam bentuk rangkaian kata yang terukur dan presisi.

Kalau sudah ketemu akar masalahnya, seperti kata pepatah lama, setengah dari masalahnya sudah beres. 

Tinggal gimana cara ngatasinya. Yang penting jelas dulu apa yang sedang dipikirkan. Mendefinisikan masalah dengan jelas merupakan inti dari pemecahan masalah apapun soalnya.

Kalau masalahnya saja nggak jelas, gimana mau mecahinnya?

Kalau anda nggak tau anda mau kemana, gimana anda bisa nyampenya?

Logis kan? ;)

By the way, Nulisnya boleh pake pulpen dan kertas, hape atau favorit saya yaitu berpikir sambil ditulis di note laptop :D

Masalah jadi terurai dan insya Allah kita jadi lebih jernih dan dengan mudah membuat prioritas mana yang lebih dahulu perlu dieksekusi.

Jangan simpan pikiran pikiran dan suara berisik internal anda di otak doang. TULISKAN dan biarkan masalahnya jadi jelas dan insya Allah cara pemecahannya juga jadi lebih jelas.

Biasanya setelahnya, akan terasa lebih ringan di kepala dan badan segera setelah segera menuliskan semuanya.

Cuman nyimpan masalah di otak doang biasanya akan bikin kepala panas, marah marah dan tetap saja, masalahnya nggak juga beres.

Karena yang dianggap masalah juga belum jelas yang mana. Gimana mau beresinnya?

Kita nggak bisa membereskan masalah yang nggak bisa kita ukur. Jadi tuliskan dulu secara detil masalahnya apa saja dan alternatif pemecahannya.

Hanya dengan melakukan hal sederhana seperti ini saja, insya Allah pikiran anda akan lebih tenang dan masalah yang dihadapi juga lebih mudah dibereskan.

Selamat Mencoba :)

Silakan SHARE jika ada manfaatnya :)

Salam :)

Fahmy Arafat Daulay 

Pekalongan, Jum'at 28 September 2018, Jelang 'Isya

Tidak ada komentar:

Posting Komentar