Minggu, 23 Oktober 2016

6 JURUS RAHASIA MENJADI MANUSIA SUPER FOKUS.

Sesuai janji kemarin, saya akan share review saya tentang artikel kerennya James Clear tentang bagaimana mempertajam kekuatan fokus. Anggap saja ini terjemahan bebas yang tujuannya supaya anda lebih mudah mengerti. 

Sengaja saya bikin sederhana dan singkat agar kita sama sama mudah membacanya dan insya Allah mudah juga mempraktekkannya. 

Oya, sekalian ini pemberitahuan bahwa karena acara webinar kita nggak jadi kemaren, maka anda silakan lihat kajian tentang fokus diblog ini dibagian Ebook Gratis. Anda yang sudah pernah membacanya, silakan dibaca ulang.
 

Insya Allah anda akan merefresh dan merasakan manfaat serta jadi lebih semangat lagi :D
 

Nggak jadi saya posting slide beserta penjelasannya karena menurut saya, ulasannya sudah lebih komplit di Ebook FOKUS nya insya Allah. Jadi silakan baca lagi dan nikmati ya :)
 

Diartikel review ini, saya hanya mengambil metode yang saya kira paling praktis dan bisa digunakan. 

Sebenarnya, dalam artikel aslinya ada bagian tentang Metode Warren Buffet untuk Fokus, Pentingnya Mengukur Hasil Anda dan Fokus Pada Proses Bukan Hasil, tapi karena ntar jadi kepanjangan dan butuh waktu yang lebih lama lagi, ya sudah, ya saya lebih fokus pada 6 JURUS FOKUS INI.
 

Jika anda bisa membaca dalam bahasa Inggris, sangat saya sarankan untuk berlangganan emailnya jamesclear.com. 

Artikelnya sangat berkualitas, mudah dipahami dan sangat praktis serta berbasis data yang ilmiah dari berbagai referensi terpercaya.
 

Yeah, semoga sedikit review dari saya ini ada manfaatnya dan anda boleh SHARE artikel ini agar yang lain juga mendapati manfaatnya :)
 

CARA MUDAH SUPER FOKUS PADA PEKERJAAN.
 

1. BERESKAN 1 TUGAS TERPENTING DULU. 

Istilahnya James Clear adalah The Anchor Task.
 

Jangan lakukan kerjaan yang lain dulu sebelum hal yang terpenting ini diberesin. Tentu anda sudah menentukan level kepentingan dari berbagai hal yang anda kerjakan sebelumnya lalu memutuskan untuk FOKUS TOTAL pada satu hal utama ini.

Tambahan dari saya pribadi, jika tugas itu terasa amat berat dan rumit, buat catatan dikertas atau note dismartphone dan pecah pecah jadi bagian bagian yang amat kecil. 

Misalnya, anda mau bikin bikin laporan penting hari yang panjangnya 10 halaman dan harus dikumpulkan besok jam 9 pagi.
 

Coba pecah pecah jadi 5 atau 10 bagian dan tentukan mana bagian dari laporan yang lebih penting untuk diberesin duluan. Dari 10 halaman laporan sesuai Hukum Pareto, hanya ada 1 atau 2 halaman atau laporan yang paling inti untuk segera dieksekusi.
 

Jadi fokuslah pada bagian itu dan bagian lainnya bisa belakangan.
 

Sementara bagian lainnya bisa anda lakukan per 2 2 halaman. Artinya, anda tulis laporan 2 halaman (atau seberapa pun yang anda mampu) lalu beristirahat selama 15 menit (fungsinya agar level energi anda tetap lebih terjaga) dan seterusnya hingga laporan itu selesai.
 

Sesuaikan saja dengan kondisi anda dilapangan, nggak ada pekerjaan yang besar kalau kerjaan itu dipotong kecil kecil dan dihajar satu per satu ok? 

Itu bukan saya yang bilang loh, tapi Henry Ford salah seorang Pionir Industri Massal Legendaris dunia :D
 

2. LAKUKAN TUGAS TERPENTING SAAT ANDA FULL ENERGI.
 

Saya sudah melakukan ini dan saat menulis ini saya juga melakukannya diwaktu waktu dimana saya biasanya merasakan energi saya lebih besar dibanding waktu yang lain. Biasanya dipagi pagi buta jam 3 atau pas baru saja bangun tidur diwaktu kapanpun, entah pagi, siang atau kapan saja.
 

Kalau James juga sama, dia mengerjakan berbagai kerjaan pada saat pagi hari, itu karena level energinya paling besar disitu. 

Bahkan orang ini bahkan melewatkan sarapan paginya karena nggak ingin kehabisan waktu pagi untuk memasak dan makan pagi, karena mungkin sayang dengan level energi yang lagi tinggi tingginya cuman digunakan buat makan doang :D
 

Jadi, coba pikir dan tuliskan, kapan saja anda merasa energi anda paling besar, buat urutannya dan kerjakan segala hal yang terpenting pada waktu waktu energi anda paling besar besarnya.

Secara logis dan ilmiah, waktu bangun tidur adalah waktu yang paling FULL ENERGI, sebab tubuh kita sudah beristirahat secara total dan siap untuk menghadapi hari.
 

Waktu terbaik kedua mungkin adalah tidur selain tidur dimalam hari. Selanjutnya adalah waktu dimana anda sudah selesai melakukan ritual ibadah seperti sholat atau mungkin setelah melakukan meditasi yang cukup dalam.
 

Kesemuanya ini adalah waktu waktu yang amat MAHAL BANGET dan sebaiknya jangan gunakan hanya untuk yang nggak ada gunanya atau yang nggak penting. 

Lakukan semua pekerjaan terpenting dan paling powerful anda diwaktu waktu itu dan nanti, anda bisa cerita sendiri betapa bermanfaatnya tips keren ini ;)
 

3. JANGAN NGECEK EMAIL, WA, INBOX, FB, BBM DAN SEJENISNYA HINGGA JAM 9 ATAU LEBIH.
 

Ini semua akan mengganggu fokus dan akan sangat buang umur anda, sebab akan mendistraksi pikiran anda. Saya sendiri sudah mulai mengamalkannya dan merasakan manfaat yang amat besar serta mengerjakan lebih banyak hal dibanding sebelumnya, seperti menulis artikel review ini misalnya :D
 

Selain itu, anda akan punya lebih banyak waktu untuk melakukan hal penting lainnya misalnya membaca, menulis, menghubungi orang tua anda, membuat rencana harian, berolahraga, ngobrol dengan pasangan, sarapan dan segala hal yang bermanfaat lainnya.
 

Karena biasanya kalau kita buka FB pagi pagi, waduh bakalan jadi panjang ceritanya dan karena banyak hal yang menarik, lucu, emosional atau di FB dll (tapi nggak penting dalam jangka panjang) yang secara halus akan menarik anda lebih dalam dan akhirnya buang umur untuk membaca hal hal yang nggak penting dan sifatnya cuman senang senang sementara doang.
 

Jadi ya sebaiknya (ini juga saran serta nasihat untuk diri saya sendiri) hindari segala jenis Sosial Media, sebelum jam 9 Pagi atau buka saja setelah makan siang.
 

Setuju? ;)
 

4. SINGKIRKAN HAPE ANDA DAN LETAKKAN DIRUANGAN LAIN SAAT KERJA. 

Yeah, anda tau sendiri kan kalau hape itu adalah tools yang akan amat sangat merusak fokus kita saat bekerja dan akhirnya kerjaan terpenting jadi nggak beres beres. 


Jadi sebaiknya saat kerja ya jangan bawa hape, kecuali anda siap kalau kerjaan terpenting anda nggak beres dan siap menerima akibat berupa penyesalan, rasa bersalah, kecewa dengan diri sendiri dan segala emosi negatif yang berkaitan akibat kerjaan penting yang nggak diberesin.
 

Letakkan hape diruangan lain dan usahakan hapenya diletakkan ditempat yang sulit dijangkau sehingga anda mikir ulang kalau mau ngambil hape kecuali ada urusan yang teramat sangat penting.

5. BEKERJA DENGAN TAMPILAN FULL SCREEN.
 

Maksudnya, kalau anda sedang menulis ya sebaiknya tampilannya hanya Microsoft Word atau Libre Office anda (saya make linux soalnya hehehe) dan sebaiknya jangan membuka tab yang lain seperti Facebook, Web dan lain lainnya, sebab itu merusak fokus dan anda jadi banyak buang umur.
 

Kalau sedang membaca diweb atau ebook ya tampilannya Full Screen juga. James Clear sendiri bahkan mensetting komputernya agar otomatis full screen saat dibuka, sampai sampai jam digital saja pun sengaja nggak dibikin terlihat sama dia. 

Tapi ini sangat membantu fokus dan insya Allah membuat pekerjaan kita jadi lebih cepat selesai dan tentu, ini akan sangat memuaskan perasaan kita :)

6. HINDARI SEMUA PEKERJAAN DIPAGI HARI DAN KERJAKAN HAL TERPENTING ANDA DULU.
 

Kalau yang ini, sesuaikan dengan situasi dan kondisi. Anda bisa tunda jadwal mencuci piring, pakaian, masak atau yang lainnya selama 1 jam setelah bangun tidur dan gunakan yang satu jam yang Full Energi itu untuk mengerjakan 1 hal terpenting anda.
 

Hal Terpenting yang dikerjakan dalam 1 jam dengan full energi, akan memberikan hasil yang benar benar amat sangat maksimal dan amat sangat memuaskan hati karena kita tau bahwa, kita sudah atau sedang melakukan hal terpenting kita, yang akan menentukan masa depan kita dalam kondisi yang full energi dan insya Allah hasilnya lebih ok lagi :)
 

Saya kira cukup 6 Metode Rahasia Pengunci Fokus ini. Silakan pilih 1 SAJA DULU dari berbagai tips atau metode yang saya share diatas dan segera eksekusi maksimum 15 menit dari sekarang. 

Sebab kalau nggak segera dilakukan dan anda malah FB an lagi, maka anda akan lupa dan membaca artikel ini, hanya akan jadi satu lagi hal yang cuman membuang buang umur anda yang takkan kembali lagi sampai diakhirat :)
 

Baiklah, selamat mempraktekkan sekarang juga dan semoga anda jadi semakin dan semakin fokus lagi dan mendapatkan banyak hal yang anda inginkan, atas izin Allah tentunya.
 

Aamiin..
 

Salam :)
 

Fahmy Arafat Daulay 

FB and FP: Fahmy Arafat Daulay

WA: 082143367469