Kamis, 30 Januari 2014

Cara Membayar Hutang dengan Pendekatan Spiritual.

1. Saran saya untuk yang lagi banyak utang, Fokuskan doanya pada satu hal saja yaitu rezeki yang berkah dan melimpah. Doa lain sudah ada dalam sholat jadi lakukan saja doa yang Fokus agar Tuhan berkehendak memberi keberkahan rezeki dan mampu melunasi semuanya.
FOKUS dalam DOA adalah Kuncinya. Semakin Fokus dan Menyerahkan Diri dalam urusan rezeki padaNya, semakin banyak peluang dan kesempatang yang terbuka dan kadang, ia hadir dengan cara yang tak disangka sangka.

'Yang bertakwa padaKu akan kudatangkan rizki dari segala arah dengan cara yang tidak disangka sangka'

#SpiritualDebtFree

2. Semakin yakin bahwa terlalu banyak pengetahuan malah bisa menghalangi terjadinya keajaiban.

Dalam ajaran Agama sudah banyak hal hal hebat yang dipaparkan. Marketing yang hebat untuk ilmu ilmu luar membuat cahayanya hilang dan nyatanya, banyak yang menggunakan itu dan belum juga berhasil.

Cara Illahiyyah secara umum adalah cara yang paling pas buat orang Indonesia yang kental Spiritualitas. Hal ini terjadi juga pada saya saat kena utang. Ilmu macem macem yang dikuasai nyaris nggak terpakai dan akhirnya, saya kembali padaNya, karena memang sudah nggak sanggup.

Alhamdulillah problem apapun beres saat sudah berserah diri dan sempat juga balik lagi sama ilmu ilmu impor dan galau lagi. Tetapi, saat saya mengetahui rekan baik saya berhasil juga (Dengan Extrim), maka ini saatnya kembali pulang pada ajaranNya.

Mau bayar utang lunas semuanya? Kembalilah pada Tuhanmu, Yang Maha Kaya Raya lagi Maha Berlimpah, tiada batasnya. Ini ajaran klasik dan tidak keren sama sekali tapi jangan tanya EFEKTIFITASnya karena SELALU BERHASIL untuk saya dan pengamalnya

#SpiritualDebtFreeTechnique

3. Alhamdulillah, dapat berita gembira. Seorang sahabat akhirnya berhasil melunasi utangnya yang 3 Milyar dan sekarang tinggal sisa sisanya.

Rahasianya?

Cuman 1 yaitu Kekuatan TAUHID yang Full Power. Hampir mirip dengan metode saya waktu punya utang and rasanya nggak sanggup bayar dulu. Kalau memang sudah Kun ya Fayakun.

Jadi! Ya pasti Terjadi! Tuhan tidak dikuasai oleh Ruang dan Waktu, kalau IA sudah berkehendak utang terbayar cepat dan dapat rezeki berlimpah, maka tak ada siapapun yang bisa menghambat.

Utang 3 M aja bisa kebayar brade, apalagi yang cuman dibawah itu.

4. Jangan ceritakan utang anda kecuali anda yakin kalau orang yang anda ceritakan itu bisa mendukung anda. Karena kalau tidak, ia akan tahu kelemahan anda dan bahkan bisa merendahkan anda.Ini akan melemahkan anda dan anda akan semakin susah bayar utang.

Bayar utang (apalagi banyak) membutuhkan stamina fisik dan mental yang tinggi. Jangan buang umur bersama orang orang yang beresiko tinggi menjatuhkan anda.

Kalau tak ada tempat untuk cerita maka ceritakan semuanya pada Allah saja. Sudah teruji oleh saya dan banyak sekali orang lainnya.

Saat cerita pada manusia (secara umum) mereka cenderung merendahkan. Tapi saat cerita pada Allah dan memohon petunjuk, pertolongan dan minta agar hati didamaikan, maka hal itulah yang akan terjadi.

#DebtFreeTechnique

5. Pernah suatu saat (Pas masih ngutang dan merasa tak bisa bayar), Debt Collector datang dan saya tak punya uang yang cukup untuk membayarnya. Hanya 200 ribu kalau tak salah ingat. Lalu saya katakan apa adanya pada Collector 'Maaf, saya bukannya nggak mau bayar tapi duit saya cuman segini..'

Jawabnya ' Ya udah gapapa, yang penting ada sebagian, abang mau tambahan waktu biar lebih lapang bayarnya?'

Mendengar tawaran itu saya jadi lega dan waktu untuk bayar jadi lebih banyak. Strategi ini tidak pernah gagal. Yang penting jangan kabur dan hadapi serta katakan apa adanya. Juga berusaha menunjukkan niat baik untuk membayar kewajiban itu.

Hal ini juga saya lakukan saat membantu keluarga saat bermasalah dalam kredit motor. Saya datangi dealernya dan bicara pada pihak yang berwenang dan saya bilang 'Maaf kami hanya punya 100 ribu. Saya mewakili keluarga dan hanya ini yang dipunya. Mau anda apapun kami tetap hanya ini yang ada'

Walaupun awalnya menolak tapi saya bilang kira kira begini 'Saya bisa saja kabur mas, tapi saya sudah niat baik dan datang kesini. Jadi tolong minta waktu dan keringanan lagi ya' Hingga akhirnya dia memahami dan sekarang, semuanya sudah terbayar

Jujur dan Niat Baik adalah KUNCI UTAMA dalam Pemberesan Utang:)

6.Waktu saya punya utang dulu, satu hal yang membuat saya habis habisan agar bisa membayarnya secepat mungkin adalah sebuah Hadits yang pernah saya baca yang kira kira berbunyi:

'Seorang lelaki bertanya pada Rasulullah : Ya Rasulullah, apakah benar kiranya seorang yang berjihad fi sabilillaah itu diampuni semua dosanya dan diberikan surga?'

'jawab Nabi: Ya, kecuali mereka yang masih berhutang..'

Saya membayangkan bagaimana kalau nyawa saya diambil sementara hutang belum dibayar? Padahal yang berjihad sampai mati saja bisa tertahan masuk surga, apalagi yang amalannya serba sedikit seperti saya?

Alhamdulillah, Pada sebelum 2011 berakhir utang terbayar dan pengalaman itu membuat saya lebih berhati hati dalam hal keuangan hingga kini :)

1 komentar: